PERUSAHAAN

TENTANG PT. BALATIF

Enam dasawarsa lalu, tepatnya pada tahun 1950 cikal bakal PT Balatif (selanjutnya disebut Balatif) dimulai. Proses panjang pendirian PT Balatif berawal di Malang, Jawa Timur dari usaha rumah tangga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan obat-obatan. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan dunia usaha, Balatif mulai memperluas lini produksinya dengan menghasilkan produk farmasi dan suplemen.

Balatif terbagi dalam dua divisi, yaitu Divisi Farmasi dan Divisi Herbal. Kegiatan produksi dilakukan di sebuah pabrik yang berkedudukan di Jl. Tenaga Tengah No. 5 Malang, Jawa Timur. Fasilitas produksi Balatif menargetkan efisiensi biaya operasi yang maksimum, dengan tetap mempertahankan standar tertinggi di bidang kualitas dan keselamatan kerja.

Komitmen Balatif untuk mencapai standar tertinggi di seluruh aspek operasi tercermin melalui sertifikasi CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan ISO 9001:2008. Komitmen ini akan terus kami jaga, dalam melanjutkan perjalanan panjang membangun kesehatan masyarakat.

MANAJEMEN

PT. Balatif melangkah bersama pemimpin yang memiliki hati dan berorientasi ke masa depan.

“Kita Mau, Kita Bisa” adalah semboyan setiap manajer yang diteteskan di setiap lapisan divisi.

Dengan nilai-nilai : Tulus, Tanggung Jawab, Saling Menghargai, Kerjasama dan Kreatifitas, PT. Balatif memberikan yang terbaik bagi dunia kesehatan Indonesia.

TONGGAK SEJARAH

1950

Cikal bakal PT Balatif merintis perkembangan usaha rumah tangga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan obat-obatan tradisional.

30 Januari 1973

Perseroan Terbatas dengan nama PT Banteng Farma didirikan.

1 Agustus 1973

Pabrik yang berlokasi di jalan Tenaga Tengah 5 Malang didirikan dan mulai beroperasi.

28 Februari 1977

Karena adanya perubahan kepemilikan pemegang saham, PT Banteng Farma secara resmi berubah nama menjadi PT BALATIF yang menghasilkan obat farmasi dan obat tradisional.

VISI DAN MISI

Visi

Menjadi Perusahaan yang unggul dan dipercaya masyarakat di dunia kesehatan

Misi

Menghasilkan dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk bermutu dan dapat diandalkan

Selalu melakukan inovasi dan terobosan-terobosan baru dalam pengembangan produk dan proses kerja

Meningkatkan kemampuan dan daya saing segenap sumber daya manusia dengan dasar kreativitas, keahlian dan ketulusan

Menciptakan nilai tambah di setiap produk yang dihasilkan bagi masyrakat dan pemegang saham 

Meningkatkan kualitas perusahaan secara terus-menerus dalam bidang ilmu pengetahuan, penerapan teknologi dan daya jangkau distribusi.

MANAJEMEN MUTU

Balatif menetapkan kualitas sebagai prioritas utama. Untuk mencapai tingkat kualitas tertinggi, kami menerapkan standar baku kontrol kualitas di setiap proses produksi mulai dari pengadaan bahanbaku hingga pengiriman akhir produk jadi.

Setiap pekerja bertanggungjawab penuh untuk penerapan standar kualitas di bidang masing-masing. Namun, secara khusus, tanggung jawab ini dilakukan oleh Divisi Quality Assurance (QA)

TEKNOLOGI DAN INFORMASI

Mengembangkan Teknologi dan Informasi

Balatif memahami bahwa saat ini penguasaan informasi menjadi penentu daya saing selain modal, mesin, dan manusia. Oleh sebab itu, proses bisnis yang efisien, fleksibel, dan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar menjadi sangat pengting. Salah satu inovasi yang dilakukan Balatif untuk mencapai hasil tersebut dilakukan dengan cara investasi di bidang Teknologi Informasi.

Teknologi Informasi memiliki peran penting dalam kinerja operasional perusahaan. Beberapa manfaat penerapan teknologi informasi dalam mendukung bisnis farmasi, antara lain dapat mempermudah dan mempercepat proses kerja divisi karena kebutuhan informasi dapat diakses dengan lebih cepat, tepat dan akurat.

Teknologi Informasi berfungsi juga sebagai katalisator dalam berbagai usaha pengurangan biaya-biaya operasional perusahaan (eliminasi, simplifikasi, integrasi, dan otomatisasi proses) yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap profatibilitas perusahaan. Teknologi Informasi juga turut membantu kinerja di sektor distribusi dan retail sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

KOMUNITAS DAN LINGKUNGAN

Selaras dengan Komunitas dan Lingkungan

Bagi Balatif komunitas dan lingkungan terkait erat dengan strategi bisnis perusahaan. Makna kesuksesan sesungguhnya bagi kami adalah terciptanya keseimbangan antara profit sebagai orientasi dunia usaha dengan kesejahteraan manusia dan lingkungannya.

Secara fisik, kepedulian terhadap komunitas dan lingkungan kami wujudkan, antara lain dengan cara berpartisipasi dalam pengolahan dan pembakaran limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Harmoni, itulah tujuan akhir kami. Balatif berkomitmen terhadap kelangsungan industri produk-produk kesehatan, yang selaras dengan pertumbuhan ekonomi, keseimbangan ekologi dan kemajuan sosial.

RISET DAN PENGEMBANGAN

Mendukung Riset dan Pengembangan

Menyadari kompetisi pasar yang terus berkembang, Balatif bertekad untuk menysajikan produk-produk kesehatan berkualitas dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Untuk mencapai tujuan ini, inovasi dan teknologi di Departemen Riset dan Pengembangan (Research & Development / R & D) terus dikembangan guna menciptakan efisiensi tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri.

Balatif terus mendorong program R & D melalui kegiatan penelitian yang dilakukan sendiri, ataupun melalui kerjasama dalam hal penelitian keilmuan dengan perusahaan serta lembaga lainnya. Balatif melengkapinya dengan laboratorium dan kebun percobaan.

Fokus Balatif saat ini adalah mengembangkan obat atau produk farmasi untuk kesehatan anak-anak dan produk lain berbahan dasar tumbuh-tumbuhan (herbal) yang memanfaatkan kekayaan hayati Indonesia sekaligus bermanfaat bagi masyarakat.